Modifikasi Osilator Pemancar Mini Fm

Kang Ajay
10
Modifikasi Osilator Pemancar Mini Menggunakan Tuner Blok Fm - Ada banyak sekali rangkaian osilator untuk digunakan sebagai pembangkit frekuensi fm di radio, salah satunya yang akan kita bahas di artikel kita pada malam hari ini yaitu osilator mini, dari dulu sampai sekarang osilator mini memang salah satu rangkaian yang terbaik untuk pembangkit frekuensi, itu menurut saya. Ada banyak macam-macam osilator yang bisa anda buat diantaranya yaitu : osilator PLL, 5 watt, tuner blok fm, dan tuner kaleng bekas radio mobil, semua itu bisa anda gunakan sebagai os
ilator pembangkit frekuensi. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara memodipikasi bekas tuner blok untuk dibuat menjadi osilator mini, rangkaian ini sangatlah cocok untuk para pemula yang baru mengenal pemancar, selain komponenya sedikit rangkaian ini juga mudah untuk dirakit, biarpun pemancar fm pada jaman sekarang sudah tidak terlalu rame dan jarang sekali orang untuk menggunakannya, tetapi tidak ada salahnya juga kalau kita belajar dan mempelajari cara membuatnya.

Ok baiklah bagi siapa saja yang ingin belajar cara membuat pemancar radio fm ini, disinilah tempatnya. Karena kebetulan admin blog disini, juga masih belajar dan lagi mempelajarinya. Osilator adalah pembangkit sinyal dasar dari sebuah pemancar, jarak yang bisa dijangkau rangkaian ini bisa mencapai 200 meter dengan menggunakan antena atas setinggi 5 meter, lumayan jauh. Untuk anda yang ingin mencoba merakit-nya di sini saya kan memberikan skema rangkaian osilator yang bisa anda rakit sendiri. Baiklah apa saja komponen yang harus anda siapkan sebelum anda membuat rangkaian osilator mini yang di modifikasi dengan menggunakan kaleng bekas tuner blok receiver fm. Yukk kita mulai...

Bahan-bahan yang harus anda siapkan yaitu:
  1. Kaleng Tuner blok fm bekas, yang digunakan adalah kaleng tuner yang sudah dibuang pcb bawaan-nya.
  2. pcb kosong, kemudian di bentuk persegi dan samakan dengan bentuk tuner blok
  3. komponen-komponen.
Baiklah disini saya anggap anda sudah mempersiapkan alat-alat penunjang lainnya, seperti solder, tinol, kater, avo meter/multi tester dan lain sebagainya. Nah kalau anda sudah menyiapkannya anda tinggal mencontoh skema rangkaian Osilator pemancar mini berikut ini.

Modifikasi Oscilator Pemancar Mini Fm
Ini adalah bentuk dari osilator pemancar mini yang sudah di modipikasi
menggunakan tuner blok Receiver Fm
Pada gambar di atas anda bisa melihat ilustrasi bentuk daru tuner blok fm yang sudah di modipikasi dengan di isi rangkaian pemancar fm mini yang dirakit dan dibentuk menjadi seperti tuner blok fm, sebenarnya anda bisa saja menggunakan tuner blok asli tanpa harus di modipikasi, namun kualitas rangkaian tuner bawaan pabrik banyak sekali kekurangan yang harus anda rubah supaya mendapatkan hasil yang lebih baik, untuk kualitas dan perbedaannya lumayan jauh, selain itu suara yang di hasilkan kurang plong, beda dengan rangkaian mini, rangkaian ini sudah sangat cocok sekali anda tidak harus merubah apa-apa lagi. Dan inilah komponen yang harus anda persiapkan sebelum merakit osilator mini modipikasi diatas yaitu.

Daftar komponen:
  • Transistor 2sc 9018  - 1 biji
  • 1 n                            - 1
  • 100 n                        - 1
  • Capacitor 10pf         - 3
  • Capacitor  33pf        - 1
  • Capacitor  20pf        - 1
  • Resistor  5 k 6          - 2
  • Resistor  1 k             - 1
  • Resistor 15 k            - 1
  • Resistor 100 ohm     - 1
Keterangan :
     Untuk kawat koker yang ada dalam tabung anda bisa mengganti dengan kabel lebih kecil dari yang asli. Untuk input modulasi lihat pada skema, IN, R 5 k 6, untuk out RF/ antena, lihat capacitor 20 pf, dan untuk Vcc lihat pada skema R.100 ohm, R 100 ohm anda bisa ganti dengan ic lm 7809.

Cara test Osilator pemancar mini:
    yang pertama harus anda lakukan yaitu, puter habis knop koker ke bagian bawah atau ke kiri, kemudian masukan strum dc 12 v, setelah terpasang  siapkan radio receiver yang sudah di turunkan ke frekuensi minimal 85.0 mhz, dan hidupkan, setelah radio receiver hidup dan osilator sudah tersambung ke daya dan sudah pasti hidup, puter knop osilator secara perlahan-lahan sampai anda menemukan titik gelombang yang pas. Apabila anda belum menemukan frekuensi berarti gelombang yang dihasilkan masih belum pas, coba anda ganti capasitor 10 pf yang terpasang di kaki colektor dan strum dengan capasitor berukuran 12 pf, tapi saya rasa kendala tersebut sangat jarang terjadi. Nah kalau anda sudah menemukan titik gelombang berarti anda sudah berhasil membuat osilator modipikasi.

Osilator ini bisa anda pakai untuk mendorong driver : "Baca Skema Pemancar FM Rakitan Booster Final 1972." 
       Osilator rakitan ini, juga sangat cocok bila memakai stereo encoder yang sudah saya tulis artikelnya di sini, " baca: Cara Merakit Encoders Sederhana LA 3361 - TC 4066".
Kalau semua rangkaian di atas sudah terpasang, sebelum encoder anda juga bisa menambahkan penguat, " Baca: 2 Skema Rangkaian Penguat JRC 4558 - Rakitan."

Ok saya kira sampai disini dulu artikel tentang "Modifikasi Osilator Pemancar Mini Fm" mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba dan semoga berhasi, kalau ada pertanyaan anda bisa menanyakan lewat komentar atau melalui email. lihat diatas clik saja contack. salam.
Tags

Post a Comment

10Comments

  1. Wah liht skemanya jadi gatel ingin merakit lagi mas sayangnya saya tdk punya kaleng tuner fm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba mas, tuner blog banyak di toko komponen elektronikmas, lumayan buat studi brodcast kecil-keilan.

      Delete
  2. kaleng tuner fm itu yg gimana ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lho mas, radio receiver fm, tuner pompa, coba search di google, banyak ko.

      Delete
  3. Gan mau nanya klau osilator koker ditukar dgn potensio bisa nggak, klau bisa gimana caranya?

    ReplyDelete
  4. Gan mau nanya klau osilator koker ditukar dgn potensio bisa nggak, klau bisa gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh...bisa mas, besok yah klu ada waktu aku buatkan tutorialnya.

      Delete
  5. Replies
    1. Biasanya untuk lilitan di ganti dengan kawat email yang lebih besar, kemudian ganti capasitor yang ukuran 10 pf dengan 12 pf atau 18. dari colektor transistor ke strum 12v.

      Delete
Post a Comment