Skema Rangkaian Master Mixer Stereo

Kang Ajay
19
Skema Rangkaian Master Mixer Stereo -   Ok hari ini saya akan membagikan sebuah skema yang sering kita dengar suaranya disaat-saat ada hiburan, baik di pesta pernikahan dan hiburan panggung, di mana hiburan tersebut dilengkapi dengan beberap perangkat musik diantaranya yaitu, speker, power amplifier, mixer dan peralatan musik lainnya. nah di sini saya kan memberikan salah satu skema yang sering dipergunakan oleh salah satu peralatan tadi adalah master mixer stereo. Dan bagi anda yang ingin membuat dengan cara merakitnya silahkan anda lihat rangkaian pada skema di bawah. Rangkaian master mixer ini masih menggunakan satu ic yaitu ic JRC 4558. ic ini ternyata banyak sekali kegunaannya selain unuk mastrer mixer terdapat juga di kit-kit yang lainnya, seperti :
Galaxy, tone control, penguat power, pre amp mic, penguat echo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa sih fungsi dari Mixer ?
      mixer berfungsi sebagai pencampur suara, sebuah mixing console, apakah itu analog maupun digital, atau juga disebut soundboard / mixing desk (papan suara) adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (lebih populer dengan istilah "mixing"), pengaturan jalur (routing) dan mengubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio. Sinyal - sinyal yang telah diubah dan diatur kemudian dikuatkan oleh penguat akhir atau power amplifier.

Audio mixer secara luas digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk studio rekaman, sistem panggilan publik (public address), sistem penguatan bunyi, dunia penyiaran baik radio maupun televisi, dan juga pasca produksi pembuatan film. Suatu contoh yang penerapan sederhana, dalam suatu pertunjukan musik misalnya, sangatlah tidak efisien jika kita menggunakan masing masing amplifier untuk menguatkan setiap bagian baik suara vokal penyanyi dan alat alat musik yang dimainkan oleh band pengiringnya.

Disini Audio mixer akan menjadi bagian penting sebagai titik pengumpul dari masing masing mikropon yang terpasang, mengatur besarnya level suara sehingga keseimbangan level bunyi baik dari vokal maupun musik akan dapat dicapai sebelum diperkuat oleh amplifier.
Mixer adalah salah satu perangkat paling populer setelah microphone. Kita lebih mengenalnya dengan sebutan mixer, mungkin kebanyakan kita menyebutnya demikian karena fungsinya yang memang mencampur segala suara yang masuk, kemudian men-seimbangkannya, menjadikannya salura dua kanal (L-R kalau stereo, dan satu kalau mono), kemudian mengirimkannya ke cross-over aktif baru diumpan ke power amplifier dan terakhir ke speaker.(Wikipedia)

Skema Rangkaian Master Mixer Stereo
Skema Rangkaian Master Mixer Stereo
Skema rangkaian master mixer Stereo
Daftar Komponen :
  • R.1, R.4 - 68 k.
  • R.2, R.3, R.5, R.6 - 1 K
  • C.1, C.2, C.3, C.4, -  1 uf, 16 v.
  • VR. 50 k.
Keterangan gambar : 
    Pada gambar di atas sudah terlihat jelas, untuk tanda titik hitam dan panah itu adalah kode CT berarti setiap ada tulisan CT, semuanya itu harus tersambung dan untuk output yang keluar dari elko masuk ke potensio, dari potensio keluar dan masuk ke Mixer. selesai.
Untuk pemberian arus, anda gunakan setrum yang menggunakan travo ct dirakit sebagai filter / regulator setrum CT 12 v. minimal travo 2 atau 3 ampre.

Ok saya kira sampai disini dulu artikel yang berjudul ("Skema Rangkaian Master Mixer Stereo,") ini, mudah-mudahan saja artikel ini bermanfaat bagi anda semua. salam.Kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar.

Baca Artikel Lainnya
Tags

Post a Comment

19Comments

  1. Jadi fungsinya sebagai pencampur suara dan pengatur routing ya kang? Oya...kalau untuk amplifier berapa kekuatan travonya yang ideal kang?

    ReplyDelete
  2. betul mas, Untuk ampli minimal 5 ampre, tergantung watt biasanya yang 150 watt, 8 watt, 50 watt, kalau 5ampre murni kuat sampai 300 watt hingga 450 watt.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas perkongsian ilmu ini ya... Amat berguna

    ReplyDelete
  4. Berarti out L.R dari penguat mik 7 pot semua (misal 4 chanel) masuknya ke in master mixer itu ya mas?...

    ReplyDelete
  5. Mas cara membuat socket out utama mixer lebih dari satu gimana

    ReplyDelete
  6. Mas cara membuat socket out utama mixer lebih dari satu gimana

    ReplyDelete
  7. Kroscek Out di gambar R yg mana dua duanya kok L semua

    ReplyDelete
  8. Salam kang .... Kang saya mau tanya masalah echo mixer....kog gak bisah berpungsih gema nya.....padahal saya test di luar itu bagus....tapi klu saya pasang di mixer yg saya rakit gak bisah...untk jalur sdh benar....saya pakek penguat mix 020 dan penguat vokal atau mixser ya pakai 019 produr PASS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada salah satu komponen yang belum pas barangkali mas. ya dicek cek lagi. susah sih kalau nggak liat.

      Delete
  9. Ya sdh saya cek mas , , , semua nya udah pas...klu buat lagu2 musik udah nyaman...hanya audio reverb aja yg blm bisah....ada gak mas jln lain cara pemasangan audio reverb nya...trim's

    ReplyDelete
  10. Kang sayabeli penguat mixer ap 213 ab dengan penguat vokal 212 merek spidertron namun saya agak bingung merekitnya
    Tolong bantu saya kang

    ReplyDelete
  11. Mas klu untuk power 600 watt mono kuat gak pakai travo 5 A murni

    ReplyDelete
  12. kaki no 4 itu arus min ya mas? maaf saya pemula.

    ReplyDelete
  13. Klo urutannya
    Mixer (4 chanel) - master mixer - tone control - power
    Gmn mas?

    ReplyDelete
  14. Kaki no 4 itu negatif apa ground

    ReplyDelete
Post a Comment