Rakitan TX Pemancar FM mini 5 Watt Menggunakan BD 139

Kang Ajay
5
Rakitan Tx Pemancar FM mini 5 Watt Menggunakan BD 139 - Coba-coba merakit pemancar fm mini menggunakan Transistor penguat power amplifier yaitu BD 139, tr ini lajimnya digunakan untuk penguat audio suara, Namun dengan rasa ke-panasaran, tadinya hanya untuk coba-coba dan bereksperimen eh ternyata BD 139 bisa mengeluarkan sinyal, sinyal yang keluar hampir sama dengan 2sc 2053, bahkan kaalu kita bisa mengatur dalam pengecunan malah bisa setara dengan 2sc 1970, namun kendala yang sering terjadi yaitu BD 139 sering oper hot, panas yang berlebih. Namun kalau rangkaiaannya bis adisesuaikan panas yang terjadi akan bisa di kurangi dengan cara-cara yang lain, salah satunya menempelkan pendingin di bodi BD 139.

Eksperimen ini sebenarnya sudah lama sekali saya coba, namun baru kali ini saya bisa menulis dan membagikan skemanya, memang kadang untuk komponen BD 139 , tidak semua bisa mengeluarkan sinyal, biasanya yang bisa mengeluarkan sinyal itu BD produck terdahulu, nah kalaupun anda mempunyai bekas amplifier OCL jaman dulu biasanya ada BD 139. Ok kalaupun anda yang mau mencoba untuk bereksperimen disini saya kan membagikan skema rangkaian tx yang memakai BD 139. Skema ini sudah saya lengkapi dengan rangkain oscilator 5 watt.

Rakitan Tx Pemancar FM mini Menggunakan BD 139

Daftar Komponen
  • C1 - 2n2
  • C2 - 100n
  • C3 - 20pf
  • C4 - 5pf
  • C5, C6 - 20pf
  • C7, C9 - 103
  • C8 - 25pf
  • C10 - 30 pf
  • C11 - 47pf
  • R1,R6 - 5k6
  • R2 - 47k
  • R3,R4,R7,R9 - 100ohm
  • R5,R8 - 10k
  • R10 - 15k
  • L1 - 3 lilit Menggunakan Kabel email 0,3 mm
  • L2, L3 - 5lilit kabel email 0,5 mm
  • L4 - 8 Lilit kabel email 0,8 mm
  • L5,L6 - 3 Lilit 0,8 mm
  • Q1- C 9018
  • Q2 - C 930
  • Q3 - C 2026
  • Q4 - BD 139 / 2053 / 2538.
Untuk C yang ke ground anda bisa meniru gambar di atas, pada gambar memakai C 100n dan untuk lilita setrum anda gunakan perit cincin yang bisa anda dapatkan dibekas-bekas neon. Untuk daya anda bisa menggunakan 13,8 atau 12 Volt. 


Dan inilah hasil eksperimen saya, saya tidak menggunakan SWR, hanya menggunakan lampu 12v, walaupun test hanya dengan lampu tapi hampir semua pemancar yang saya buat hampir tidak jauh dengan ukura SWR. 

Rakitan TX Pemancar FM mini 5 Watt Menggunakan BD 139

Ok sobat briker semua saya kira cukup sampai disini dulu artikel yang membahas tentang "Rakitan TX Pemancar FM mini 5 Watt Menggunakan BD 139" mudah-mudahan bermanfaat, dan selamat mencoba semoga berhasil. Wassalam.
Tags

Post a Comment

5Comments

  1. Pinter banget sih kang Ajay bikin Rakitan TX Pemancar FM mini 5 Watt Menggunakan BD 139.. belajar dimana kang? pasti sekolahnya rajin dan gak pernah bolos yah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mang, saya selama ini belajar, untuk elektronik saya nggak pernah dapat dari sekolah, saya belajar secara otodidak, melihat lalu saya pelajari.

      Delete
  2. Selama ini aku belum pernah merangkai komponen2 fm, mungkin dengan adanya postingan rakitan TX pemancar FM mini 5 watt bisa saya pelari pelan-pelan.

    Thank udah mau berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba mas, siapa tahu bisa. he..he.., terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya.

      Delete
  3. mau tanya mas.frekuensi brp maksimal bd139? trimks

    ReplyDelete
Post a Comment