CARA MEMASANG RELEY 8 PIN 12 V ON OFF OUT ANTENA PEMANCAR FM

Kang Ajay
0
CARA MEMASANG RELEY 8 PIN 12 V SWITCH ON OFF OUT ANTENA PADA PEMANCAR FM| Assalamualaikum Wr.Wb, selamat pagi,siang sore dan malam buat kawan blogger atau siapapun yang sudah mampir dan kebetuan lagi mencari info tentang pemasangan riley 12 v 8 pin yang akan digunakan dan akan dipasang pada mainan pemancar fm, walaupun mainan ini sudah jarang digunakan namun tidak ada salahnya kita disini membagikan pengalaman pribadi saya selama bermain pemancar fm, ada beberapa cara yang digunakan dalam pemasangannya, salah satunya yang akan kita bahas disini, disini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya memasang riley 8 pin 12 v untuk digunakan menyambung setrum / daya juga untuk penyambung antena radio sekaligus  untuk menghidupkan atau mematikan mainan pemancar fm.

Baiklah alat yang kita perlukan disini kita hanya menggunakan riley dan kabel abserm saja tanpa alat komponen lainnya, kalau anda belum tahu kabel abserm anda boleh menanyakan kepada penjual di toko-toko komponen elektroniknya. Kabel abserm adalah kabel kecil yang mempunyai tiga jaulur didalamnya dibungkus menjadi satu, biasanya ada beberapa warna, merah,putih dan kabel tembaga tanpa dibungkus, ketiga kabel tersebut dibungkus menjadi satu, salah satu contoh kabel abserm sering digunakan pada tape jaman dulu yaitu terletak pada mekanik PRE AMP HEAD, sudah jelaskan?.

Ok langsung kita praktek yah...., alat yang harus kita sediakan yaitu.

  1. Riley 8 pin 12 v
  2. Kabel abserm
  3. Switch/saklar
  4. Preamp mic condensor
Dan cara memasangnya adalah sebagai berikut. Yang pertama kita harus tahu jalur/pin untuk menyambungkan suplay dc supaya rileynya bergerak lihat gambar, biasanya riley 12 v 8 pin, pin untuk (+) dan (-) terletak disisi yang ada bautnya.

skema cara menggerakan riley

Dan untuk cara pemasangannya pada pemancardan radio receiver adalah sebagai berikut.
  1. (+) out 12 v, masukan ke (+) pemancar.
  2. Dan untuk (-) anda ambil dari groud pemancar, sementara itu ground yang asli kelur dari power suplaykita sambungkan langsung ke jalur kabel abserm yang tidak terbungkus, Yang nantinya dari kabel abserm kita ambil groundnya untuk di satukan pada jalu swit on/0ff yang akan disambungkan dengan ground mic condensor.
  3. IN antena pesawat yaitu untuk out dari rangkaian pesawat
  4. IN ant Rdio yaitu untuk ant radio receiver
  5. IN ant Atas yaitu untuk antena inti pemancar,
Dan untuk cara menggerakan riley tersebut caranya adalah, terlebih dahulu anda siapkan kabel Absermnya. Pada kabel abserm tersebut didalamnya ada tiga warna kabel, yang pertama merah, yang kedua putih dan yang ketiga hanya kabel tembaga saja, ok simak baik baik yah.
  1. Sambungkan kabel tembaga yang tak terbungkus,langsung ke groud power suplay yang keluar dari travo.
  2. Kabel warna merah pada abserm, sambungkan ke input preamp mic.
  3. Dan untuk kabel putih tempelkan pada (-) ground preamp mic tentunya preamp mic yang sudah terpasang di pemancar.
Dan untuk pemasangan swit adalah sebagai berikut, saran, cari swit omron, swit/saklar omron yang berkaki tiga 


Ok mungkin sampai disini anda semua sudah mengerti yah, kalaupun ada yang kurang dipahami anda bisa menanyakannya pada kolom kotak komentar, atau di media ssosial facebook yah...semoga bermanfaat.CARA MEMASANG RILEY 8 PIN 12 V SWITCH ON OFF OUT ANTENA PADA PEMANCAR FM
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)