Cara Gampang memperbaiki Keypad Hp error, rusak atau macet

Kang Ajay
21
Cara Gampang memperbaiki Keypad Hp error, rusak atau macet- Keypad adalah salah satu alat yang paling penting keberadaannya  di sebuah perangkat komunikasi yaitu handphone, baik itu yang touch screen atau yang manual. Ada banyak cara memperbaiki keypad hp yang macet / error, salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini ialah cara memperbaikinya secara manual, keypad handphone apa saja yang bisa kita perbaiki? Banyak, walaupun pada saat ini jarang sekali orang yang menggunakan hp dengan keypad manual bukan touchscreen, namun tidak jarang juga yang masih menggunakan-nya. Salah satunya saya sendiri, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam mengatasi keypad hp sendiri ketika mengalami error baik itu layar sentuh/ touch screen dan yang masih memakai tombol/manual. Pernah sekali saya mengalami-nya ketika itu saya beli hp second murah, tapi bermasalah, masalahnya yaitu di tombol keypad, ada beberapa tombol yang tidak bisa saya gunakan, diantara tombol nomber 1 dan nomber 5, kadang - kadang tombol menu dan back to home nya tidak berpungsi. Nah disini nyali saya diuji, dengan memberanikan diri saya coba untuk membukanya.

Ada trik sederhana yang harus anda lakukan, bilamana menghadapi keypad hp anda macet, walau tombolnya dipencet beberapa kali tetep saja tidak berpungsi sampai-sampai terkadang putus asa, apalagi hp yang kita punya hanya yang dipakai. ketika ada sms datang saatnya mau di balas eh keypad-nya macet/error repot bukan, jangan panik. Di sini saya akan memberikan solusi permasalahan anda gara-gara keypad hp anda macet, cara memperbaikinya yaitu.

 Cara sederhana memperbaiki keypad hp macet / error ala serba rakitan.

  • Buka hp anda dengan berhati-hati
  • Sedikan Penghapus
  • Minyak kayu putih
Cara berikut ini, hanya bisa anda lakukan untuk hp yang bukan touch screen, dan cara ini hanya berlaku untuk handphone yang masih menggunakan tombol, walaupun cara tersebut sangat sederhana namun hasilnya lumayan memuaskan. Biasanya kendala keypad error sering terjadi apabila handphone kita sudah berumur lama, penyebabnya adalah karena kotor pada perangkat, ada alternatife yang bisa anda lakukan ketika keypad hp anda macet, trik ini bisa berhasil bila kerusakan pada tombol hp anda yang terganngu satu atau dua bahkan tiga tombol namun tidak searah, baik ke bahaw atau kepinggir, maksudnya adalah, apabila keypad yang macet ada 3 tombol namun tidak sejalur. Contoh : 1, 2, 3, ke pinggir, atau ke bawah, 1, 4, 7, 0. nah kerusakan itulah yang tidak bisa anda perbaiki dengan cara ini, karena kerusan bukan pada keypad atau tombol, kerusakan tersebut di akibatkan karena ada komponen inti yang jebol, sot, atau mati. Kalau tidak salah nama komponenya yaitu emive, itu untuk hp terdahulu, tetapi untuk hp yang memakai keypad sekarang beda lagi, karena tekhnologinya sudah mulai maju kendala tersebut penyebabnya adalah dari CPU, akibatnya susah diperbaiki.

Cara Gampang memperbaiki Keypad Hp error, rusak atau macet
ilustrasi Cara Gampang memperbaiki Keypad Hp error, rusak atau macet
Baiklah berikut Cara sederhana memperbaiki keypad hp macet /error untuk anda ketahui.

Cara memperbaiki keypad handphone error

       Buka handphone anda, setelah dibuka bersihkan dengan sikat halus selanjutnya buka plastik pelindung kaleng keypad secara berhati-hati, kalau sudah terbuka angkat lalu simpan plastik tadi di tempat aman, selanjutnya ambil penghapus yang sudah anda siapkan tadi dan gosokan ke kaleng keypad satu-persatu hingga bersih dan seterusnya bersihkan pula bodi tempat plastik dan kaleng keypad tadi memakai penghapus dengan cara yang sama. Dan yang terakhir ambil kayu putih, lalu teteskan ke kapas kemudian keseluruhan komponen yang tadi anda bersihkan usap-usap dengan kapas yang sudah diberi kayu putih. Kalau sudah selesai jangan dulu di pasang, diamkan beberapa saat di tempat yang terbuka, 2 atau 5 menit, hingga bena-benar bebas dari minyak, selanjutnya silahkan anda pasang dan test hasilnya. Kalau cara ini berhasil berarti dua jempol buat saya, he..he...

Nah sobatku, sudah saya terangkan tadi di atas, cara ini hanyabrlaku untuk kerusakan yang tidak akibat karena mati komponen, untuk membedakan antara macet karena karat dan macet karena komponen mati, anda lihat saja, cirinya yang tadi sudah saya tulis di atas, sifat kerusakan karena komponen biasanya tombol yang mati sejajar, 1, 2, atau 3, terus 1, 4, 7, 0. identiknya itu, beda dengan macet karena karat, biasanya hanya satu dua tombol saja, kalaupun sampai ada tiga biasanya itu cuma sesekali saja.

Nah itu dia sedikit trik gampang cara memperbaiki keypad hp rusak, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba dan semoga berhasil. salam.

Post a Comment

21Comments

  1. keep posting gan semangat hehe, kunjungan di sore hari, ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  2. oooh begitu ya mas...ternyata mudah ya...emang siih sering ngalamin mas keypad hp macet / error dan sekarang jadi tahu mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah mas, kebanyakan keypad macet dari debu dan karat, kalau dari komponen mati kalau kemasukan air.

      Delete
  3. kalau buat saya mungkin agak ribet ya mas.. tapi sebagai tamabahan, kira-kira tetap dibutuhkan obeng kecil kan mas buat bongkar casing utamanya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itumahsudah jelas atuh teh, sudah biasanya kalau mau bongkar harus ada obeng dong, karena memang itu alatnya.

      Delete
  4. jarang ngoprek hp, ntar di coba kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, maklum kalau yang beginiian-mah pekerjaannya laki-laki.

      Delete
    2. sekali ngoprek malah tambah ancur... dilem biru aja ... :)

      Delete
  5. Wah kebetulan sekali kang...saya punya hp jadul soner K550i tombol 5 tidak berfungsi...sudah lama tidak pernah di gunakan lagi karena error tombolnya..Ijin praktek kang..mudah-mudahan berhasil

    ReplyDelete
  6. Itu juga berlaku untuk yang keypad keras lalu bisa menjadi empuk gak mas ?

    ReplyDelete
  7. Ternyata akang kita yang satu ini pandai merakit... Makasih tipsnya kang....

    ReplyDelete
  8. Mksh gan..infonx...trus berkarya..☺

    ReplyDelete
  9. Tekan # muncul 147 kerusakannya apa?

    ReplyDelete
  10. Bang kalo sms cuma nampilin angka doang,jadi hurufnya tidak muncul.cara perbaikinya gimana???

    ReplyDelete
  11. Bang kalo sms cuma nampilin angka doang,jadi hurufnya tidak muncul.cara perbaikinya gimana???

    ReplyDelete
  12. itu dari pengaturan penulisan kawan

    ReplyDelete
Post a Comment