Rangkaian Antena Untuk Pemancar FM Brik-Brikan

Kang Ajay
2
Rangkaian Antena Untuk Pemancar Brik-Brikan - Brik-brikan kalau mendengar brik-brikan pasti anda sudah membayangkan dengan sebuah perangkat komunikasi yang berhubungan dengan radio fm, sebetulnya kata brik-brikan itu tidak harus terkait dengan fm, nyatanya jaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan brik-brikan lewat perangkat yang sudah canggih tanpa harus menggunakan macam-macam komponen, semisal contoh komponen yang sering digunakan untuk ngebrik di fm kalau dihitung-hitung lebih dari sepuluh perangkat yang terpasang, Diantaranya adalah.

Perangkat Yang Terpasang di Radi Brik-brikan FM yaitu:

  1. Travo, Paling tidak 5 Ampere murni
  2. Radio riciever, paling tidak menggunakan radio tunner
  3. Filter strum / regulator yang sudah di rakit 
  4. oscilator paling tidak menggunakan osc mini, osc 5 watt, PLL
  5. Box segede box amplifier
  6. Tone Control
  7. Galaxy
  8. Preamp Mic condensator
  9. Encoders
  10. Riley strum
  11. Echo
  12. Kabel antena paling tidak coxail, RG 58, RG 8.
  13. Elemen almanium Panjang sampai 1 lente atau lebih


Nah anda boleh hitung sudah berapa banyak komponen yang sudah terkait dalam satu buah perangkat brik-brikan di radio fm, itu baru sebagian saja belum embel-embel yang lainnya, selain itu belum dalam proses pengerjaannya yang begitu riweuh, ribeut, juga harus penuh dengan ketelitian, Pengalaman saya dalam pembuatan satu pemancar, bisa memakan waktu sampai beberapa hari minimal tiga hari, dalam waktu tiga hari kita bisa membuat perangkat brik-brikan itu masih dalam tahap percobaan. pekerjaan tiga hari saya yakin hasilnya masih belum maxsimal, kalau tidak percaya anda boleh tanya ke penggemar pemancar yang masih exis di dunia brik-brikan

Berbeda dengan jaman yang sedang kita jalani saat ini, begitu mudahnya kita menggunakan brik-brikan tinggal pencet, perangkat yang bisa bermain brik-brikan sekarang sudah banyak bisa lewat Android, ipad, tabletdanlain-lain, aplikasinya juga banyak anda tinggal tulis lalu googling dapet deh, gampang dan nggak pake ribet kan!.

Rangkaian Antena Untuk Pemancar FM Brik-Brikan

Back To Topik
  Ok sebenarnya saya disini bukan untuk menceritakan itu semua, saya disini akan memberikan contoh beberapa contoh antena yang pernah saya rakit dan salah satunya sedang saya pakai saat ini. Antena ini saya buat dari elemen alumunium dengan panjang yang saya sesuaikan dengan frekuensi. Tapi mohon maaf karena saya tidak tahu rumus untuk ukurannya jadi antena fm ini saya buat hanya ikut-ikutan orang saja. Ada dua antenna pemancar fm yang saya buat dan saya pakai saat ini, sederhana tapi kualitas antena pemancar fm mantap. Untuk ukuran saya pakai 82 - 82 cm, main di frekuensi 85 mhz sampai dengan 87.5mhz hasilnya lumayan. rangkaian antena pemancar yang ke dua saya memakai ukuran yang sama, namun perbedaanya adalah saya menambahkan penghambat / reflektor yang di simpan di belakang antena daefull, ukurannya saya kasih 200 cm untuk jarak dari daefull ke reflektor saya kasih 50 cm, dan hasilnya cukup lumayan, untuk daya fancar sinyal pemancar lebih jauh untuk menerima atau daya tangkap radio receivernya juga sangat sensitif. , Pokoknya rangkaian antena pemancar fm ini paling bagus deh, itu menurut saya, kalau menurut anda silahkan saja di coba. karena saya hanya bari bisa membuat antena pemancar yang iu-itu-nya saja. Oh ya sampai lupa nama-nama antena pemancar fm yang saya buat itu namanya adalah daefull dan antena leter H. Untuk skema anda bisa lihat di atas. Kalau anda ingin mencobanya silahkan, bagus atau tidak-nya anda yang menyimpulkan.

Nah itulah hasil karya saya, semua artikel tentang artikel disini dan saya share ini semuanya sudah saya uji coba. untuk membuktikan bagus tidaknya silahkan anda coba sendiri, yang jelas dua sekma antena pemancar ffm di atas sedang atau masih saya pakai sampai saat ini. ("Rangkaian Antena Untuk Pemancar FM Brik-Brikan.") semoga bermanfaat, Salam.

Baca artikel Lainnya :
Tags

Post a Comment

2Comments

  1. Walaupun sudah zamannya gadget brik brikan dengan pemancar fm masih ada penggemaranya terutama didaerah pedesaan

    ReplyDelete
Post a Comment