Cara Merubah Receiver Radio FM Biar Jadi Lebih Sensitif

Kang Ajay
7
Cara Merubah Receiver FM Biar Jadi Lebih Sensitif - Cara ini adalah cara yang lumayan rumit, rumit karena cara ini perlu insting yang jeli, selain itu dalam pengerjaan-nya pun perlu ketelitian. Dalam proses perombakan radio receiver ini adalah salah satu tugas paling utama di dunia briker fm, kenapa bisa disebut tugas utama? Jawabannya, sudah jelas sekali karena pemancar fm yang akan kita buat bekerja pada gelombang radio, gelombang radio di terima oleh receiver fm. 

Nah maka dari itu radio jadi peran utama dalam bermain brik-brikan, lantas bagaimana kita supaya bisa menggunakan radio ini? sedangkan komunitas briker fm sekarang kebanyakan bermain pada frekwensi paling bawah, mulai dari frekwensi 75 Mhz sampai dengan 87.5 Mhz, dari 87.5 Mhz ke atas sudah penuh dengan radio-radio komersil, Lain dulu lain sekarang. Dulu kita bisa bermain brik-brikan fm di prekwensi atas karena memang dulu belum rame dengan radio komersil seperti saat ini.

Baiklah, disini saya akan meberikan satu trik Cara Merubah Receiver Radio FM Biar Jadi Lebih Sensitif, Banyak cara untuk menjadikan receiver fm sensitif salah satunya dengan cara yang saya akan praktekan disini, selain itu ada juga yang menambahkan booster, alat tersebut bisa anda tambahkan tanpa harus merubah tunner receiver fm yang akan digunakan, namun dengan cara tersebut menurut saya kurang relefan, itu menurut saya, ntah menurut anda.

Ok Yuk kita mulai saja, Pertama-tama yang harus anda lakukan ialah:

  • Bongkar tunner dengan hati-hati
  • Lepas PCB komponen 
  • Buka baut-baut yang ada, baut tersebut jumlahnya ada 2, buka.
  • Setelah baut di buka, copot penutup plastik yang menutupi koker
  • ambil semua tabung dan copot.
  • Ganti semua kabel yang terpasang di tabung koker dengan ukuran lebih kecil sedikit dari aslinya.
  • Kalau lilitan di tabung  sudah anda ganti semua, coba pasang lagi sampai berbentuk lagi tuner receiver fm.
  • Kalu sudah pasang dan sambung-sambung kembali jalurnya, dan coba di test hasilnya.
Keterangan dan cara pengetesan radio receiver biar jadi sensitif

     Kalau anda sudah melakukan cara yang saya tulis diatas, selanjutnya anda melangkah ke tahap pengetesan hasil modifikasi tuner fm biar peka / sensitif, caranya yaitu: nyalakan radio, selanjutnya cari gelombang radio yang sering anda pakai ngebrik, lalu cari rekan briker yang menurut anda paling kecil sinyal-nya setelah itu dengarkan, kalau menurut anda mereka sinyalnya gede tapi di receivan radio anda kecil, coba puter nf yang ada pada tuner, tempatnya di pinggir bawah pada pcb tuner blok yang berwarna biru.

Puter sedikit-sedikit, sampai menemukan titik sinyal gede selanjutnya silahkan anda oprek sendiri. oh ya ada yang lupa, tadi sesudahnya lilitan koker di ganti, kemungkinan besar frekwensi jadi turun, nah biasanya kalau frekwensi turun kemungkinan besar juga harmonic radio pasti ada. Kalau frekwensi ingin anda turunkan lagi anda puter saja trimer kecil yang ada di rangkaian.
 Dan inilah radio receiver m yang sudah saya modifikasi biar tangkapannya lebih peka dan sensitif.

Cara Merubah Receiver Radio FM Biar Jadi Lebih Sensitive
Radio tuner yang super peka 

Cara menghilangkan harmonik / anakan radio, caranya yaitu anda cukup menambahkan capsitor 3 pf, atau dengan trimer kecil di tabung yang ke dua dari atas. begitu pula pada tabung no 3, dengan cara tersebut insya Allah harmonik radio bakal berkurang hasil tangkapan jadi lebih sensitif. Biar hasil lebih memuaskan tambahkan antena receiver fm yang sudah anda pakai, atau bisa juga menggunakan antena brik-brikan yang bagus, kalau mau coba antena pemancar dan receiver fm coba dengan rakitan antena yang pernah dan sedang saya pakai sekarang ini.

Baca : Rangkaian Antena Untuk Pemancar FM Brik-Brikan, siapa tahu cocok. Cara membuat dan menggunakannya gampang, antena tersebut dasarnya saya ambil dari opendaefull namun saya kasih reflektor penutup untuk menambah daya pancar dan daya receiv lebih mantep.

Nah sobatku sedunia, baik dunia briker atau dunia blogger, saya kira mungkin itulah sedikit tulisan saya yang berjudul (Cara Merubah Receiver Radio FM Biar Jadi Lebih Sensitif), mudah-mudahan bermanfaat, sebelumnya saya mengucapkan mohon maaf bila ada salah penyampaian. Saya masih dalam tahap belajar.  Semoga artikel ini ada mnafaatnya, selamat mencoba dan semoga sukses. salam.

Post a Comment

7Comments

  1. Harsu hati hati ya mas bongkarnya salah sedikit saja bisa malah tambah ilang suaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mas, komponennya sangat sangat berdesak-desakan. cara ini hasilnya lumayan peka/sensitif.

      Delete
  2. Iya kang radio saya jadi rusak gara gara saya iseng cari inovasi baru untuk radionya, bukannya dapat inovasi eh malah rusak radionya.

    ReplyDelete
  3. kalau soal gini mas...saya radak sedikit paham karna ini termasuk mata pelajaran waktu di SMP

    ReplyDelete
  4. apa masih ada penghuninya bruk brikAn FM?

    ReplyDelete
Post a Comment