Tutorial Cara Membuat Antena Super Stik Sederhana Untuk HT

Kang Ajay
17
Tutorial Cara Membuat Antena Super Stik Sederhana Untuk HT - Handy talky adalah sebuah alat untuk berkomunikasi yang berbentuk pemancar radio vhf dan Uhf, yang mana didalam perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan receiver untuk menghandle lawan bicara, pada dasarnya radio HT memancarkan sinyal melalui udara, untuk menghasilkan sinyal sudah barang tentu kita memerlukan sebuah perantara untuk menghantarkan sinyal ke udara lepas dengan tekanan yang cukup. dengan ketentuan yang sudah diatur, radio HT sudah dilengkapi dengan sebuah antena stik bawaan sesuai dengan frekwensi yang sudah terprogran di dalam perangkat. namun biasanya untuk antena stik buil up biasanya kurang maksimal untuk digunakan dengan keinginan sang pengguna, ada banyak macam dan tipe antena yang bisa anda dapatkan ditempat-tempat elektronik khusus radio komunikasi, anda bisa bebas memilih antena tipe apa yang cocok dengan keinginan anda.

Tutorial Cara Membuat Antena Super Stik Sederhana Untuk HT

Nah kebetulan disini saya sebagai pengguna HT akan memberikan sedikit tutorial  membuat antena sederhana untuk perangkat radio HT anda, dengan menggunakan barang bekas yang bisa anda dapatkan disekitar rumah. Lantas apa saja yang harus anda persiapkan untuk membuat antena super stik sederhana untuk HT ini?, ok pertama-tama yang harus anda persiapkan adalah.

  1. batang kabel rem sepeda, anda bisa membeli di toko asesoris sepeda bisa juga mencari bekas di bengkel-bengkel sepeda, bentuknya seperti bungkus kabel gas motor tetapi agak kecil.
  2. Kawat email kira-kira diameter 0,3 atau 0,5 mm, panjang 30 cm.
  3. Konektor antena BNC male
  4. Selang bakar ukuran 3 mm, setengah meter, untuk merapikan sambungan.
  5. Batang bekas pena atau apa saja yang bisa digunakan untuk menyangga antena supaya tidak tersambung dengan ground
  6. SWR meter / alat pengukur power dan watt radio.
Baiklah setelah ke lima bahan diatas sudah terkumpul, pertama yang harus anda lakukan adalah memotong pembungkus kabel rem sepeda dengan cara mengukurnya dengan ukuran 30 cm setelah dipotong persiapkan bekas pena untuk menyangga supaya tidak tersambung ke ground, lalu masukan penyangga tadi ke konektor BMC male tadi, namun sebelumnya iner konektor sambung dulu dengan kabel email untuk menyambungkan iner dari perangkat ke iner antena yang terbuat dari pembungkus kabel rem sepeda tadi, setelah proses penyolderan selesai, lilitkan kabel email tadi sebanyak 5 lilit ke penyangga dan sambungkan ke iner antena, setelah selesai ambil SWR dan di test hasilnya, untuk pengukuran anda mungkin bisa mengaturnya sendiri sampai pengukuran sesuai dengan rumus antena.

Untuk rumus antena anda bisa searching, untuk mendapatkan pancaran yang maksimal SWR dan power haruslah seimbang, mulai dari kalibrasi kabel dan power swr nya juga harus linier. kalau sudah berhasil dan beres dalam pengukuran, proses selanjutnya ialah membungkur antena anda dengan kabel bakar supaya bentuk antena super stik sederhana tadi terlihat rapi dan aman dari korsleting.

Tutorial Cara Membuat Antena Super Stik Sederhana Untuk HT
Super stik sederhana pembungkus kabel rem sepeda anak

Dan mungkin inilah bentuk antena super stik sederhana yang terbuat dari pembungkus kabel rem sepeda anak-anak, bentuknya simple, pancarannya lumayan, dan terlihat rapi. Ya mungkin hanya itulah sedikit tutorial elektronik dari saya saat ini, insya Allah kedepan kita akan membahas lebih banyak lagi tentang apa saja yang berguna bagi anda dan mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Post a Comment

17Comments

  1. cocok nih kalau mang ajay di undang ke proyek, kebetulan banyak HT yang antenanya error...tanda tangan kontrak deh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh lah, lagi butuh job mang...he..he...

      Delete
  2. Kreatif kang membuat antena super stik buat HT

    ReplyDelete
  3. Trs ntu email yg 30 cm buat apa klo cm dipake 5 lilitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bongkar GNR-21P loading coil lebih dr 10 lilit

      Delete
    2. Untuk lilitan itu tergantung kebutuhan, semua itu bisa dihasilkan dari hasil pengukuran SWR. Begitu mas..

      Delete
  4. Yang saya tau loading coil tergantung kebutuhan deh klo saya di vhf yang 1/4 lamda pake yang diameter email 0,6 inti udara 0,5 lilitan 7

    ReplyDelete
  5. Boleh bos bisa dibuatkan ga bod

    ReplyDelete
  6. Bos ajay bisa dibuatkan antena stik ht dong kirimi no hpnya ya bos

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. ground cukup nempel di ground konektor saja, jdi inernya ke kabel rem yang sudah di sangga dulu supaya tidak konslet.

      Delete
  8. lilitan yg ke iner yg bawah nyambung ke ground konektor ap sama sama nymbung ke iner konektor om menyoal bab pertama sebelum penyangga dipasang ke ke konektor di sambung dulu ke iner konektor dengan iner anten bungkus kabel rem ad tutorial dari oret oretan (gambarnya) mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk groundcukup n
      ke bodi konektor saja. sementara inesrnya saja yang nyambung ke antena mas

      Delete
  9. Maksudnya mungkin lilitannya di pasang antara iner dan kabel rem speda ya mas

    ReplyDelete
Post a Comment