Cara Mudah Ganti Konektor Charger Handphone Jadul

Kang Ajay
10
Cara Mudah Ganti Konektor Charger Handphone Jadul - Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum, hai netizen tercinta yang kami hormati, Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi disini, mudah-mudahan anda semua dalam keadaan sehat walafiat, Aamiin. Ok pada perjumpaan kita kali ini kita akan membahas trik service handphone jadul atau handphone lama yang kemungkinan masih banyak di seantero dunia termasuk di Indonesia. Banyak sekali orang merasa kebingungan ketika mencari solusi untuk memperbaiki atau mengganti konektor handphone lama anda ketika charger lamanya rusak, sedangkan untuk menggantinya spartpacknya sudah langka bahkan tidak ada di pasaran, sekalipun ada harga tidak sesuai dengan isi dompet kita. Ada berbagai cara untuk mengatasi permasalahan anda tersebut, salah satunya yang akan kita bahas bersama kita disini.

Cara Mudah Ganti Konektor Charger Handphone Jadul

  Ada banyak sekali model dan tipe handphone lama yang masih ada pada kebanyakan orang, salah satunya saya sendiri, ada beberapa buah handphone jadul yang masih berpungsi namun kendalanya ya itu dia, charger dan konektornya satupun tidak ada yang sama, sudah beberapa kali mencari dan bertanya ke toko-toko spartpack namun hasilnya nol alias nihil. Lantas bagaimana caranya mengatasi permasalahan ini?. 

Beberapa waktu lalu saya mencoba untuk bereksperimen dengan perangkat handphone lama saya yang kebetulan masih hidup normal, sebenarnya kalau dipikir untuk apa kita perbaiki, sudah banyak model-model hp terbaru contohnya handphone pintar atau smartphone yang sudah mendukung semua vitur, namun tidaklah begitu untuk pemikirian sebagian orang tentang barang-barang lama termasuk handphone jadul ini, saya kira ada kepuasan tersendiri.

Baiklah kawan-kawanku semua apa dan bagaimana cara mengganti supaya hp jadul kita bisa berpungsi kembali?. Mudah saja, solusi untuk mengatasi masalah konektor charger hp lama yang sudah jarang ada bahkan tidak ada di pasan ini. Yuk!!, kita mulai untuk bereksperimen mengganti konektornya yang sudah tidak ada di pasaran. Simak cara saya mengatasi masalah ini.

   Langkah cara mengganti Konektor Hanphone lama 
Cari handphone mati model sekarang yang masih banyak spartpacknya di pasaran, tapi perlu diingat juga cari konektornya yang mudah untuk di pasang, catat, hanphone jadul jalur chargernya hanya menggunakan dua jalur, jadi carilah konektor yang menggunakan konektornya dua jalur yang hanya untuk mencharger saja, lihat gambar

Cara mudahganti konektor charger handphone jadul

Setelah itu bongkar handphone mati tadi dan ambil komponen yang di inginkan adalah konektor,salah satu contoh yang umum masih ada di pasaran seperti konektor merk n*kia spartpack konektor handphone tersebut masih banyak beredar di pasaran, Tapi cari yang kecil Atau yang pertengahan saja.

CCara mudah ganti konektor charger handphone jadul

Setelah itu silahkan anda cabut, kalau sudah selesai buka hanphone jadul kita untuk di ganti konektornya, selanjutnya silahkan anda lanjutkan sendiri, dengan cara menyoldernya, tetapi jangan lupa sebelum memasang konektor anda test dulu, gunanya test adalah untuk mengetahui jalur positif dan negatif jalur yang akan di sholder. Biasanya jalur positif terletak pada bagian dalam, bentuknya seperti jarum yang di tancapkan, dan bagian negatif terletak pada bagian bodi plastik konektor,

Cara pemasangannya juga anda harus lebih teliti, sebelum membongkar konektor pada hp yang akan di ganti anda harus telik, mana bagian positif dan mana bagian negatifnya, kalau bisa diukur dulu, caranya tidak jauh berbeda dengan pengukuran tadi atau anda boleh lihat langsung di hpnya, kalau kira-kira sudah yakin dengan letak penempatan baru anda copot dan ganti dengan konektor cabutan tadi.

Nah sampai disitu mungkin anda sudah mengerti langkah-langkah selanjutnya silahkan anda praktekan sampai selesai. Sudah banyak sekali handphone jadul, saya ganti chargernya dengan charger yang masih banyak beredar di pasaran dan hasilnya lumayan, lancar-lancar saja, seperti contoh hp jadul yang sudah saya ganti berikut ini, merk m*t*rola kebetulan konektor chargernya kecil nggak besar juga nggak pertengahan, jadi susah untuk mencari charger yang cocok, solusinya ya ini, saya bagikan disini.

Cara Mudah Ganti Konektor Charger Handphone Jadul

Nah sobat netizen yang tercinta, itulah salah satu trik mengatasi masalah charger hape jadul anda yang sudah tidak mungkin ada spartpacknya salah satunya konektor chargernya yang sudah langka. Maka dari itu mudah-mudahan artikel Cara Mudah Ganti Konektor Charger Handphone Jadul ini bisa menginsfirasi anda dalam mengatasi segala masalah tersebut. demikianlah artikel ini saya buat supaya kita bisa saling berbagi pengalaman walaupun pengalaman hanya seuil, tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua, Wassalam.

Post a Comment

10Comments

  1. dikasih foto/gambar bagian konektornya biar lebih mudah mencontohnya, mas.. karena saya yakin pasti masih banyak yang membutuhkan tutorial ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw tutorial ini cocok banget utk mang lembu krn mang lembu kan orang jadul juga :)

      Delete
    2. Hhhhh....bener..bener..., ea nanti aku kasih gambar.

      Delete
  2. bagian bagiannya yang mana aja. gambarnya dong mas

    ReplyDelete
  3. ada sih hp jadul tapi udah matot alis mati total, udah deh buat koleksi aja, dibuang sayang lagian nggk piawai juga dandan hp, kalau dandan biar cantik ok lah hehe... maaf becanda, kalau di WA takut di bulliy

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..mbak maya. memang kalau perempuan jarang bisa ngoprek elektro, kalau dah matotmah harus di service dulu mbak. ok mbak makasih kunjungannya..

      Delete
  4. Om klo hp toshiba vodafone 904t gmna cara ganti conektor casan pkek konektor lain

    ReplyDelete
  5. Caranya sama saja begitu mas, cari conektor charger yang dua kaki, gantilah dengan cashan model nokia yang kecil

    ReplyDelete
Post a Comment