Cara Mengganti Batre Lampu Senter Emergency LED

Kang Ajay
10
Cara Mengganti Batre Lampu Center Emergenci LED - Ada banyak cara kita untuk mengganti batre senter led, salah satunya dengan batre-batre bekas handphone. tetapi yang jadi kendalanya adalah terlalu sulit apabila batre tersebut kehilangan daya. Biasanya senter led menggunakan komponen daya, yaitu dengan accu kering khusus untuk mengangkat beban lampu yang menyala kisaran memakan daya kurang lebih dari 3 v. Kali ini saya akan berbagi trik dengan anda, yaitu cara mengganti batre senter led yang menggunakan accu kering. Dan kebetulan senter tersebut  accu keringnya sudah soak dan sama sekali sudah tidak bisa dicharger atau di cas.

Trik yang saya akan berikan yaitu mengganti aki keringnya dengan batre khusus yang sering di pakai center led SWAT yang sering dipakai bapak-bapak polisi luar yang ada di film-film, kenapa harus memakai batre tersebut? Alasannya biar dayanya awet dan kebetulan saja saya punya center SWATnya, jadi bagi saya gampang-gampang saja untuk mengisi daya apabila centernya lowbat. Lagian daya yang di tampung batre tersebut sangatlah pas untuk center led emergency, dayanya adalah 3v. Walaupun batre led swat dayanya 3,7v /3,6v li-ion tidaklah mengapa malah akan lebih baik, bisa menambah ketahanan dan keterangan lampu senter emergency led.Seperti apa bentuk dari batre senter swat tersebut, bentuknya seperti batre laptop. Lihat gambar


Cara pemasangan batre pada center 
Caranya yaitu, Pasang dua batre sekaligus, anda cukup memasangnya secara paralel, cara ini sangat direkomendasikan, karena kalau diseri daya voltasenya akan menjadi naik, yang tadinya 3,7 volt  akan menjadi 7,5 volt bahkan lebih. Sehingga akan menjadi patal, senter yang tadinya mau diperbaiki malah jadi ancur.  Jadi ada baiknya anda memasang batre tersebut secara paralel.Tujuan dari paralel agar daya tetap 3,7volt dan pemakaiannya daya supaya tahan lama, daya pakai senter yang tadinya sehari dua hari, sekarang anda bisa memakai sampai empat bahkan lima hari.

Gambar Skema batre Paralel
Cara Mengganti Batre Lampu Senter Emergency LED
Sumber gambar sudah tertera di skema

Nah anda boleh lihat cara pemasangan kedua batre yang akan di pakai, cara memasang batre pada senter adalah sebagai berikut, anda jangan melihat dan mengacu pada cara pemasangan disini, karena rangkaian senter led anda mungkin akan berbeda dengan yang saya pakai sebagai contoh disini.
Yang pertama kita sambungkan kedua batre tadi persis dengan skema diatas, min ke min dan plus ke plus dengan menggunakan seutas kabel kecil yang terbungkus, setelah itu cari jalur yang menuju ke swit/saklar kemudian sambungkan kaki plus ke ke plus yang berada pada rangkaian lampu, dan untuk min anda bisa menyambungkannya melalui saklar dahulu, kalaupun kaki swit/saklarnya ada tiga berarti min yang sebelahnya pasang di kakisaklar yang ujung satunya lagi, lihat gambar di bawah. dan kaki yang tengah digunakan untuk penghubung plus ke lampu.

Cara Mengganti Batre Lampu Senter Emergency LED

Nah sobatku semua, itulah sedikit artikel cara mengganti batre senter emergency led, sebenarnya bisa saja anda mengganti batrenya dengan batre bekas dari handphone dan caranyapun sama saja. dan untuk pengecayan baik cara di atas atau yang menggunakan batre hp,anda bisa menggunakan desktop.
Dan inilah senter hasil modifikasi saya
Cara Mengganti Batre Lampu Senter Emergency LED

Catatan :
Perlu diingat jangan sekali-kali anda menccharger senter yang sudah di modifikasi ini, karena rangkain charger aslinya dibuang, untuk pengecasan anda bisa menyambungkan kabel dari batre ke konektor colokan langsung, dengan cara kutub positif dan negatifnya ke kaki konektor langsung atau bisa juga anda menggantikan konektornya dengan konektor hp. Nah sobat saya kira sampai disini dulu artikel kita kali ini, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk anda. Kalu ada pertanyaan silahkan anda tulisdi kotak komentar, Wasalam dan selamat mencoba.

Post a Comment

10Comments

  1. mantaps mas cara menggatinya bisa di coba d rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mangs Abdul, itupun kalau mang abdul ada senternya.

      Delete
    2. Saya tidak mau mencobanya lagi. Takut salah dan lupa menchash lagi.

      Delete
  2. loh ternyata bisa di ganti ya? Baru tahu kirain sudah tak bakal bisa di gunakan lagi, biasa pakai lampu emergency tapi kalau udah soak nggk mau dicas lagi ya udah di lengserkan saja hehe
    baiklah terima kasih nanti tak kasih tahu ke bos besar
    selamat pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he...sudah pasti bisa mbak, perbedaannya hanya di daya listriknya saja.

      Delete
    2. Sekarang lebih baik beli baru :) Emang kalu dipikir-pikir senter ini tidak tahan lama, enam bulan sudah wasalam.

      Delete
  3. Saya dulu pernah melakukan kesalahan, senter saya cach, jadi rusak. Saya lupa jika sudah saya gantei baterainya. Apes tenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..., itulah kalau nggak salah pasti benar.

      Delete
  4. nyimak dulu mas, kalo udah paham baru saya tanya lagi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok silahkan mas. terima kaih sudah berkunjung

      Delete
Post a Comment