Cara Merangkai Dan Memasang Stop Kontak Plus Colokan Menggunakan Tiga Kabel

Kang Ajay
2
Cara Merangkai Dan Memasang Stop Kontak Plus Colokan Menggunakan Tiga Kabel - selimut malam, eh kelupaan, maksud saya selamat malam, selimut tetangganya ke mana??..du..du..duhh, ko jadi ngawur yah !!!. he..he...maaf ya, mungkin faktor banyak ngalamun. Ok lur kebetulan saya punya ccerita nih, tadi siang saya ada yang nyuruh masngin instalasi listrik, tidak banyak sih, cuman satu gantungan dan satu terminal colokan untuk kebutuhan apabila sewaktu-waktu pingin ngeccas hp katanya, padahal posisinya agak tersembunyi di pinggir kursi, sempat saya mikir dulu, soalnya saya agak bingung cara masangnya, sudah agak lupa sudah lama nggak pernah lagi membuat instalasi listrik, setelah saya ingat-ingat akhirnya terbayang juga bagaimana cara memasangnya, setelah teringat lur langsung saya minta kertas biar dia tau bagaimana caranya memasang stop kontak listrik plus terminal atau colokannya.

Dan inilah gambar skema cara merangkai instalasi satu lampu dan satu colokan perhatikan rangkaian skemanya biar anda bisa, walaupun sederhana tapi ini lumyan buat nambah-nambah pengetahuan anda.

Cara Merangkai Dan Memasang Stop Kontak Plus Colokan Menggunakan Tiga Kabel

Nah anda bisa lihat pada gambar skema di atas, cara memasang instalasi seperti gambar di atas mudah di pahami, dengan menggunakan tiga jalur kabel anda bisa memasang dua pungsi, pungsi yang pertama sebagai stop kontak lampu dan pungsi yang kedua untuk colokan. kenapa harus pakai tiga kabel?. Jawabannya mudah saja, gunanya untuk memisahkan antara setrum stop kontak dan terminal colokan, supaya ketika jalur lampu listrik di matikan, setrum yang ke terminal colokan tidak mati, artinya stand by terus. sebenarnya instalasi ini memang dipakai petugas PLN untuk pemasangan instalasi listrik rumahan.

Untuk pemasangan stop kontak dua saklar, pemasangannya hampir sama seperti skema diatas, caranya anda tinggal mengganti colokan dengan saklar stop kontak. atau bila anda hanya mau menambahkanya menjadi tiga pungsi dua stop kontak satu colokan, caranya, anda tinggal menambahkan kabel dari jalur yang menuju ke terminal colokan, contoh rangkaianya anda bisa lihat kabel jalur yang ada lampu bohlamnya, nah persis seperti itu. Atau kalau anda masih ragu lihat gambar skema instalasi listrik dengan dua stop kontak dan satu colokan dengan tiga kabel, rangkaian ini yang dipakai PLN untuk membuat instalasi di rumah-rumah kita.

Nah sobatku, meskipun cara ini sudah banyak yang bisa, tapi tidak menutup kemungkinan masih banyak yang membutuhkan. karena tidak semua orang menguasai keahlian dalam pemasangan listrik, juga mungkin karena bahayanya listrik yang membuat orang ragu untuk mengerjakannya, kalau kurang hati-hatai dalam mengerjakannya bisa-bisa malah kesetrum, he..he...
Ok saya kira cukup deh artikrl tentang "Cara Merangkai Dan Memasang Stop Kontak Plus Colokan Menggunakan Tiga Kabel", walaupun sedikit dan saya masih belajar, tapi skema rangkaian instalasi listrik di atas sudah di uji coba dan sukse. Mudah-mudahan bermanfaat terima kasih selamat mencoba dan salam elektronik.

Post a Comment

2Comments

  1. Betul yang pasti aku nih selain nggk bisa merakit juga nggk berani takut konslet pernah ngalamin termisnya nggk mau di on hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu untuk tetehmah nggak cocok teh, cara instalasi listrik ccocok buat para laki-laki. tapai terima kasih ya teh sudah mampir

      Delete
Post a Comment