Cara Sederhana Dan Mudah Memperbaiki Remote TV Tidak Berpungsi Atau Mati

Kang Ajay
4
Cara Sederhana Dan Mudah Memperbaiki Remote TV Tidak Berpungsi Atau Mati - Remote control adalah sebuah alat yang digunakan untuk merubah atau menggerakan sebuah yang sudah di program dengan perangkat yang sudah terkoneksi dengan remote tersebut. Baiklah yang akan kita bahas kali ini yaitu cara sederhana memperbaiki remote tidak berpungsi, cara ini bisa berhasil kalau remote yang bermasalah tersebut tidak mati total, mati total disini artinya apabila semua komponen sudah di coba dan dicek satu persatu, komponen sebuah remote sebetulnya sederhana dan tidak terlalu banyak. 

Ada bagian-bagian penting yang bisa kita perbaiki dan di ganti diantaranya, Lampu led, crystal, resistor dan elco, nah komponen tersebut bisa kita coba di ganti, dengan cara satu persatu ditest dengan komponen sejenis dengan yang baru, atau bisa juga kita ganti dari remote yang sudah tidak terpakai. Ada banyak masalah kerusakan remote, salah satunya remote yang tidak berpungsi tombolnya, masalah seperti itu sangat mudah untuk di tanggulangi, caranya adalah sebagai berikut.

No.1. Masalah remote pada tombol yang tidak berpungsi.

Langkah dan cara memperbaiki remot yang bermasalah pada tombol

  1. Bongkar remote
  2. sediakan kapas atau penghapus.
  3. sediakan minyak pembersih 
Cara Sederhana Dan Mudah Memperbaiki Remote TV Tidak Berpungsi Atau Mati

Setelah ketiga bahan sudah terkumpul, barulah kita praktekan cara memperbaikinya, cara ini sudah saya tulis diatas, perlu diingat apabila remote tersebut hanya bermasalah dengan tombol-tombol yang macet, apabila ditekan kadang berpungsi kadang tidak. Baiklah kita lanjut ke point satu, apabila remot sudah dibongkar kita lompat ke point no dua, ambil penghapus dan gosoklah permukaan remote yang dibawah karet tombol satu persatu secara perlahan-lahan, setelah itu bersihkan dengan minyak pemberih, ingat jangan terlalu keras, dan keringkan beberapa saat. Kalau sudah silahkan anda pasang kembali seperti bentuk remote semula, dan coba anda cek. Nah itulah cara mengatasi remote yang kadang berpungsi kadang tidak.tidak.

No.2. Masalah pada komponen remote yang tidak berpungsi

Langkah dan cara memperbaiki remot yang bermasalah pada komponen.
  1. Bongkar remote
  2. Cek battre
  3. Cek konektor batre
  4. Cek lampu led
  5. Cek elco
  6. Cek crystal
Cara Sederhana Dan Mudah Memperbaiki Remote TV Tidak Berpungsi Atau Mati

Point satu bongkar remote, loncat ke poin ke dua, cek baterai, coba anda ganti batu remote dengan yang baru. Dan bila langkah kedua sudah dilakukan remote masih belum berpungsi, lanjutkan dengan point ke tiga, bersihkan konektor baterai barangkali ada karat, setelah di bersihkan pasang kembali baterai dan coba dipasang kemudian test lagi. 

Dan apabila langkah ke tiga masih juga tidak berhasil, loncat ke no empat, ganti lampu led dengan lampu remote bekas, ganti dan coba test, dan apabila langkah ke empat masih nggak bisa loncat lagi ke no lima coba anda ganti elco, setelah diganti jangan bosan untuk test lagi, masih juga belum berhasil loncat ke no enam, coba ganti crystalnya, setelah itu test lagi. mudah-mudahan masalahnya ada pada no enam. 

Dan setelah crystal di ganti masih saja tidak berpungsi ada langkah terakhir yang harus anda coba, coba anda bawa ketukang service remote, atau anda sudah merasa jengkel solusi paling akhir adalah ke tempat sampah atau ditukar dengan krupuk sama mamang rongsokan...he..he...viss ah. sabar ya lur, gampang ko apabila remotenya rusak dan segala macam sudah dilakukan masih juga tidak bisa dipakai beli saja yang baru. selesai, masalah anda mungkin bisa diatasi. Wassalam

Post a Comment

4Comments

  1. Yes aku pakai cara terakhir aja, tapi nghk beli lagi manual aja biar antengnya males pindah-pindah chanel hehe

    ReplyDelete
  2. kalo pirnya itu karatan apa bahaya buat baterai ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mempengaruhi mas, yang untuk meyakinkan, apabila pinnya berkarat dicoba saja.

      Delete
Post a Comment