Cara Cek Mesin Pompa Air Mati Sebelum Ke Tukang Service Dinamo

Kang Ajay
3
Cara Cek Mesin Pompa Air Mati Sebelum Ke Tukang Service Dinamo  - Halo selamat pagi semua, alhamdulillah kita bisa bertemu lagi. Kali ini kita akan membahas tentang cara cek pompa air mati. Banyak sekali kasus pompa air yang mati mendadak karena masalah yang tidak ketahui, baik pompa air lama maupun yanga baru. Kasus ini sering terjadi kepada siapa saja yang menggunakan mesin yang satu ini, tidak menutup kemungkinan hampir semua manusia menggunakannya, mulai dari pompa air biasa, jetpam, jenset dan pompa air celup. Mesin air ini sangat membantu manusia untuk mendapatkan air dari sumbernya. Terutama bagi kita yang berada di daerah dataran tinggi.

Masalah pompa air rusak jadi kendala utama bagi kita, pasalnya kehidupan kita tidak akan berjalan tanpa air, karena air sumber kehidupan bagi seluruh mahluk yang hidup dibumi. Ok kembali ke topik pembahasan kita kali. Bagaiamana cara cek mesin pompa air mati, ingak loh !! Tips ini khusus untuk orang - orang yang tahu elektro saja loh, masalah mesin pompa air ini lumayan agak ribet, walaupun rada rumit kita bisa untuk mencoba ngeceknya, jangan langsung asal ponis mesin pompa air mati  dikiranya kebakar atau tidak bisa hidup lagi, dalam masalah ini banyak sekali kejadian mesin air dikira mati padahal masalah kecil saja, entah itu karena lilitan dan motor kena karat, masuk tanah masalah ini biasanya terjadi apabila mesinnya di letakan di darat, beda dengan yang diletakan di dalam sumur. Kalau untuk mesin air yang di dalam sumur rusak biasanya kena cipratan air dari paralon yang rusak di atas mesin tersebut.


Lantas bagaimana caranya kita mengetahui kerusakan pada mesin pompa air yang mati? sabar..baca terus sampai selesai artikel disini, Ambil kopi, siapkan satu batang rokok duduk santai dan lanjutkan bacanya, he..he..., suadah siap gan? ok lanjut, langkah pertama mesin air yang mati kita bawa kerumah setelah itu bersihkan simpan dan jemur, kemudian ngopi lagi, kalau sudah hilang lelahnya silahkan lanjutkan untuk mengecek masalahnya dimana mesin air kita bisa mati.

Langkah-langkah pengecekan, sebelumnya anda harus mempersiapkan alat-alatnya. Seperti obeng besar, testpen,avo meter konci pas dan peralatan lainnya yang sekiranya dibutuhkan. Kalau sudah komplit tinggal pengecekan.

  1. Cek kabel yang terhubung dengan listrik, ukur dengan avo meter barangkali ada yang putus, kalau sudah dicek normal. berarti masalah ada di mesin airnya.
  2. Cek kapasitor, caranya ukur dengan avo meter,Kapasitor yang baik adalah ketika dilakukan pengukuran jarum pada layar avo meter akan bergerak jauh sesuai dengan besar kapasitas kapasitor, dan tidak lama kemudian akan langsung turun kembali sampai jarum pada layar berapa pada posisi awal Sebagaimana dalam prinsip kerja kapasitor itu yang menyimpan muatan listrik sementara.Bila ketika dilakukan pengecekan dan hasilnya tidak demikian, jarum bergerak penuh dan tak pulang  pulang, atau jarum malah diam pada posisi awal tak maju – maju. Sudah dipastikan bahwa kapasitor ada dalam keadaan rusak.
  3. Bonkar mesin, Cek lilitan dan motor. Lihat kondisi disekitar lilitan apakah ada yang keliatan gosong, kalau gosong berarti sudah jls kudu masuk rumah sakit he..he,..cek besi motor barangkali di liputi karat terutama di lingkatan antara kumparan kabel email dan besi motor biasanya masalah berada di situ. kalau terbukti berkarat bersihkan, kalau sekiranya bersih pasan lagi.
Nah para pemirsa kalau ke tiga point tadi sudah dilakuakn anda tinggal mencobanya lagi, coba dan lihat hasilnya. Kalau cara tadi sudah dilakukan masih tidak berhasil, yah wayahna bahasa sunda,  terpaksa harus di bawa ke tukang service dinamo.

Nah teman-temanku yang saya hormati itulah sedikit trik atau tips cara ngecek mesin air mati sebelum kita membawanya ketukang service. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu dan menambah pengalaman anda, kebetulan trik ini pernah saya lakukan dan berhasil. Tidak semua mesin air mati karena terbakar, jadi cobalah untuk mempelajarinya. asaekian dan terima kasih sudah membaca. Wassalam.

Tonton videnya di bawah.

Post a Comment

3Comments

  1. Testing komentar Cara Cek Mesin Pompa Air Mati Sebelum Ke Tukang Service Dinamo

    ReplyDelete
  2. Bang sy mau nanya...Mesin Pompa air saya Sanyo 250 watt, Aliran Arus Listriknya masuk setelah dichek dengan gunakan Tespen..
    Sy cheknya baik di kapasitor maupun di Otomatnya... hanya Mesinnya tidak mau hidup...

    Yg pertama Sya pake Tespen di kedua kutup Kapasitornya nyala dan kemudian di Otomatnya kutup yg satunya mati dan yang sebelahnya nyala...

    Apakah di kapasitor kalau pake tespen memang harus nyala kedua kutupnya atau yg satunya padam dan yang satunya nyala???

    Trima kasih Bang sebelumnya untuk pencerahan nya.. ..

    ReplyDelete
  3. @Castro Numberi :Coba ganti saja kapasitornya, atau bersihkan dinamonya

    ReplyDelete
Post a Comment