Spooring dan Balancing Setelah Ganti Tie Road Pada Mobil Nissan March

Kang Ajay
Spooring dan Balancing Setelah Ganti Tie Road Pada Mobil Nissan March Tahun 2013 - Proses spooring Dan balancing ini bisa dilakukan setelah penggantian kaki-kaki kendaraan atau ada gejala pada setir kendaraan yang biasa kita gunkanan, dengan merasakan ketidak stabilan kemudi, ok mari kita simak saja videonya dibawah.
Bagi banyak orang, servis mobil adalah kata yang jamak diucapkan untuk penanganan terhadap kendaraan roda empat ini. Padahal, ada banyak jenis servis, salah satunya adalah spooring dan balancing. Waduh apalagi itu?

Agar Anda tidak bingung, ini dia penjelasan spooring dan balancing. Spooring adalah sebuah proses pada mobil Anda untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Dalam artian, sesuai dengan factory setting. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur lagi agar kembali seperti sedia kala.

Nah, berbeda seperti tune up yang harus dilakukan secara berkala, spooring dan balancing ini tidak harus. Jika Anda usai mengganti beberapa bagian mobil seperti sayap dan yang berhubungan stir mobil, saat itulah Anda harus spooring mobil Anda.

Lalu bagaimana dengan balancing? Seperti arti harfiahnya, balancing adalah menyeimbangkan kembali. Yang diseimbangkan adalah 4 roda mobil agar putarannya seimbang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg. Tidak hanya itu, jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

Kembali ke spooring, ada beberapa ‘tanda-tanda’ di mobil yang menjadi ‘sinyal’ untuk Anda harus segera melakukan spooring pada mobil Anda:
  1. Permukaan ban sudah tidak rata, bisa di salah satu atau keduanya.
  2. Jika ada aus pada salah satu ban mobil. Contohnya: ada benjolan pada ban. Ini berarti ada masalah pada sistem suspensi di ban mobil Anda.
  3. Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.
  4. Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dengan mengambil jarak beberapa meter.
  5. Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula?
  6. Saat mengendarai mobil, jika terasa arah stir condong ke satu sisi maka ini tandanya perlu dispooring. Berarti ban Anda tidak dalam posisi yang semestinya.
  7. Jika saat menyetir, setir terasa lebih berat dan susah dikendalikan.
  8. Ketika melewati jalanan yang bagus dan tanpa halangan kemudian Anda berbelok namun terasa miring dan tidak wajar.
  9. Pada saat berkendara, terasa getaran yang mengganggu kestabilan mobil.
Spooring dan balancing sendiri harus segera dilakukan jika dibutuhkan. Jika tidak, maka hasilnya akan sangat fatal. Jika Anda malas untuk membawanya ke bengkel mobil, maka Anda bisa memanggil servis mobil ke rumah Anda, untuk ditangani oleh mekanik terpercaya. Selain lebih mudah, juga hemat waktu dan tenaga.
Yuk kita simak proses spooring balancingnya
Sumber artikel : http://blog.rumahbengkel.com/2015/12/13/pengertian-spooring-dan-balancing/



Semoga bermanfaat.