Tips Cara Merawat Mobil Nissan March Tahun 2013 Biar Awet Dan Vit

Kang Ajay
0
Tips Cara Merawat Mobil Nissan March Tahun 2013 Biar Awet Dan Vit

Tips Cara Merawat Mobil Nissan March Biar Awet Dan Vit - Agar mobil tetap sehat dan selalu dalam kondisi prima memang dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal secara menyeluruh. Namun tentunya tidak semua orang memiliki waktu atau kebiasaan merawat mobil secara mendetail. Bagi anda yang tidak memiliki waktu ada beberapa hal penting pada bagian mobil yang harus anda rawat dan tidak boleh diabaikan. Bukan hanya mobil bekas yang sudah lanjut usia saja yang membutuhkan perawatan, mobil barupun membutuhkan perawatan secara berkala dengan baik dan benar. Berlaku untuk jenis mobil automatic atau mobil dengan transmisi manual.

PERAWATAN  DAN PEMERIKSAAN BERKALA
Ini merupakan sekedar pemeriksaan standart dan hanya butuh waktu 5 menit saja, untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh, atau pada saat memanaskan mobil sambil nunggu, tidak ada salahnya kita coba periksa bagian lainnya. Beberapa langkah inspeksi kendaraannya saya uraikan sebagai berikut:

1. Periksa Ban, Ketika anda ingin bepergian atau menggunakan mobil seyoganya selalu periksa ban anda. Baik itu tekanan maupun ketebalan ban. Untuk mengindari kerusakan atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan karena kurangnya tekanan atau ban bocor dijalan.

2. Periksa  Air Radiator, Karena radiator berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin mobil, bila air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin.  Penggunaan air radiator yang benar adalah dengan air bersih. Jangan gunakan air sembarangan, sebaiknya anda gunakan air dalam kemasan yang dijual di toko terdekat. Karena jika air yang digunakan untuk mengisi radiator tersebut adalah air yang kotor, maka kotoran yang terdapat pada air  tersebut akan mengendap dan hasilnya akan menyumbat saluran pendingin di mobil anda.

3. Periksa Air Wiper, Wiper digunakan untuk membersihkan kaca depan dan kaca belakang, sehingga bila kaca mobil tetap bersih dan bening sehingga menghalangi pandangan pada saat mengedarai kendaraan

4. Periksa Bodi Kendaraan, Bersihkan noda badan mobil anda dari debu jalan agar tidak membuat goresan pada cat mobil anda, tidak usah dicuci namun anda bias membersihkannya dengan kain halus, juga bersihkan pula bagian interior dalam anda. Parkir mobil di dalam garasi atau tutupi mobil dengan kain penutup mobil di malam hari. Karena suhu dingin di malam hari dapat memudarkan cat mobil anda. Jauhi paparan cahaya matahari supaya kuwalitas cat mobil bisa bertahan lama, dapat anda gunakan cat pelindung cahaya matahari, Usahakan kendaraan anda terbebas dari air hujan dan air laut, karena air yang mengandung zat asam terlalu tinggi akan mudah merusak cat dan bodi mobil Anda.

5. Periksa Lampu, Pastikan lampu sign, lampu depan dan belakang masih bekerja dengan baik untuk kenyaman Anda dalam berkendara, segera ganti bila terjadi kerusakan.

6. Periksa Bahan Bakar, Dalam perawatan mobil baru penggunaan bahan bakar ini sangat berpengaruh. Karena penggunaan bahan bakar yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda. Secara tidak langsung kinerja mobil anda pun akan menjadi tidak maksimal. Sehingga sangat disarankan untuk membeli bahan bakar mobil anda di stasiun-stasiun pengisian bahan bakar yang resmi. Tangki yang kosong atau hanya sering terisi sedikit bensin, membuat udara memenuhi rongga tangki. Akibatnya mudah terjadi oksidasi yang berujung pada munculnya noda karat. Jika karat makin banyak, maka dinding tangki dapat keropos lalu bocor. Solusinya, usahakan mengisi bensin sering dalam keadaan penuh. Bensin dapat melepaskan karat dan menjaga keawetan fisik tangki. Tangki bensin yang jarang terisi juga menimbulan endapan terutama zat timbal dalam bentuk serbuk kecil. Semakin banyak endapan, maka menyumbar saluran pada tangki, Jangan heran jika motor yang jarang terisi penuh tangkinya sering mengalami mogok di jalan.

Mengganggu fuel pump (pompa bahan bakar). Ini adalah bagian yang menyalurkan bensin ke dalam mesin. Endapan dari tangki yang menumpuk menimbulkan sumbatan pula pada fuel pump, sehingga alirannya tidak lancar.

Mengganggu sistem pengapian. Kalau fuel pump sudah terganggu fungsinya, berpengaruh pula pada sistem pengapian motor. Sistem pengapian, baik sistem karburator atau injeksi, menjadi tidak stabil.

Penggunaan bensin menjadi boros. Hal ini muncul saat semua keburukan tersebut telah terjadi, mulai dari sumbatan di saluran tangki sampai ke fuel pump. Pemicunya adalah bahan bakar menjadi tidak optimal pembakarannya.. Akibatnya akan banyak bensin yang digunakan demi memberikan tenaga yang diharapkan.

7. Memanaskan Mesin,  Hal yang sangat penting terutama pada mobil injeksi dan matic, karena dengan proses pemanasan mesin ini akan membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri seluruh sisi ruang komponen didalam mesin. Sehingga pada saat  mobil digunakan seluruh komponen yang ada didalam mesin akan lebih aman dalam gesekan atau saling berbenturan, karena sudah tidak ada bagian ruang yang belum terkena oli pelumas. Pada saat kita memanaskan mesin mobil, kita bias melihat indicator temperature yang tersedia pada speedometer. Sebaiknya kita tidak perlu menginjak gas pada saat memanaskan mesin, karena dengan meninjak gas akan menimbulkan getaran yang mungkin sangat kencang sehingga mempengaruhi kondisi dudukan onderdil didalam mesin mengakibatkan onderdil tidak menjadi awet. Usahakan untuk tidak menyalakan mesin dalam kondisi AC hidup, supaya power akumulator secara penuh tersalurkan pada dynamo starter mobil, selain itu beban putar mesin akan terasa lebih ringan sehingga putaran kerja mesin bias maksimal.

8. Kemudikan Mobil Dengan Halus, Hindari rem dan gas mendadak, Cara mengemudi yang benar bisa membantu Anda mengurangi ongkos servis bengkel mobil. Dan tips paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah lakukan akselerasi mobil secara bertahap, jangan secara spontan menginjak gas dalam-dalam. Dan juga hindari rem mendadak, kecuali disaat genting.

9. Rutin Bersihkan Mobil Dari Kotoran Dan Unsur Garam, Mencuci mobil termasuk dalam tips otomotif penting, karena sebenarnya hal tersebut tidak hanya membuat ekterior mobil Anda terlihat bagus. Membersihkan kotoran dan unsur garam, seperti bekas air hujan, dapat mencegah karat dan kerusakan lain yang bisa menurunkan nilai mobil dan dampak pengoperasian kendaraan lainnya.

10. Wheel Alignment Atau Spooring, Untuk performa dan kenyamanan handling sebuah mobil, spooring wajib dimasukkan dalam list prioritas dalam perawatan mobil. Apabila hal ini kurang diperhatikan, akan memiliki dampak seperti ban mobil selip, aus, atau copot di tengah jalan. Tidak selarasnya ban mobil juga bisa mempengaruhi hal-hal lain yang  memiliki dampak pada tagihan servicemobil membengkak.

11. Pelumasan Memiliki Dampak Pada Kinerja Mobil, Selain oli mesin dan oli transmisi, terdapat beberapa komponen mobil lain yang membutuhkan minyak pelumas. Komponen mobil yang menimbulkan banyak gesekan atau panas saat mereka beroperasi, atau beberapa sendi dan bagian lain yang perlu pelumas secara kerkala untuk mencegah masalah lebih besar. Minyak pelumas lain yang Anda perlu perhatikan adalah oli gardan, minyak rem, dan oli power steering.

Quick facts:
Penggantian oli gardan dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 20.000 km, sama seperti oli transmisi.
Minyak rem memiliki grade yang dinyatakan dalam DOT. DOT 3 untuk kendaraan harian, DOT 5 untuk racing.
Penggantian oli power steering dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 25.000 km.


Sumber Artikel : http://www.nissanhws.com/2015/12/cara-merawat-mobil-dengan-baik-dan-benar.html

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)