Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v

Kang Ajay
5
Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v - DEFINISI REGULATOR
Regulator adalah rangkaian regulasi atau pengatur tegangan keluaran dari sebuah catu daya agar efek darinaik atau turunnya tegangan jala-jala tidak mempengaruhi tegangan catu daya sehingga menjadi stabil. Rangkaian penyearah sudah cukup bagus jika tegangan ripple -nya kecil, tetapi ada masalah stabilitas. Jika tegangan PLN naik/turun, maka tegangan outputnya juga akan naik/turun. Seperti rangkaian penyearah di atas, jika arus semakin besar ternyata tegangan dc keluarannya juga ikut turun. Untuk beberapa aplikasi perubahan tegangan ini cukup mengganggu, sehingga diperlukan komponen aktif yang dapat meregulasi tegangan keluaran ini menjadi stabil.
Sumber :
(http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/online/2007/filterdanregulator/regulator.html#ICr).

Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v


Keterangan Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v - 

Baiklah disini kita akan membahas salah satu regulator sederhana daya 13,8v, rangkaian ini sangat cocok  anda gunakan untuk mainan, dengan menggunakan travo 5 A murni atau 5A biasa, Intinya supaya arus yang dihasilkan lebih stabil. Contoh tegangan yang akan kita gunakan, dari travo adalah 18v, sebenarnya teganagan 25v juga bisa anda pakai, namun untuk saat ini biarlah pake yang 18v, untuk meminimalisir tegangan yang berlebih. Ada beberapa komponen yang harus anda persiapkan selain dari travo, anda juga harus menyediakan heatshing untuk meredam panas, Heatshing adalah lempengan yang terbuat dari alumunium dan sudah dirancang khusus untuk peredam panas, benda ini bisa anda temukan di power, amplifier, switching komputer, tv, dan masih banyak lagi perangkat lainnya.

Langsung saja ke skema ya lur., bagi yang ingin mencoba regulator sederhana yang berdaya 13,8 v ini silahkan anda ikuti saja caranya di skema berikut.

Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v

Daptar Komponen :
  • D1, D2 - Gunakan dioda yang 5A.
  • D3, D4, D5 - Gunakan dioda yang 1/2 atau 1 A
  • C1 10000 uf, 50v
  • IC, 7812
  • C2  100n
  • Q1, Q2, Q3, Q4 - 2N 3055
Keterngan :
   Pada gambar di atas tertulis +18 V. Sambungkan keduanya pada pin travo yang bertuliskan 18v, dan untuk Ct sambungkan ke ground, biasanya groud ada diantara 18v-18v, persis di tengah-tengahnya. yang terakhir tulisan out adalah arus atau tegangan yang akan anda pakai.

Kesimpulan:
    Tegangan ini sudah di pase, jadi alangkah baiknya anda gunakan pada alat elektronik yang bertegangan 12 v saja, untuk tegangan 9 volt kemungkinan anda harus menahannya kembali dengan resistor 100 ohum atau dengan ic 7809. Regulator ini sangat bagus untuk radio pemancar, fm, 2 matt atau perangkat elektronik lainnya yang menggunakan tegangan yang stabill.

Yah itulah sedikit artikel tentang Skema Regulator sederhana Daya 13,8 v mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf saya lagi males nulis jadi kata-katanya rada amburadul. selamat mencoba, Salam.
Tags

Post a Comment

5Comments

  1. Kalau untuk tahanan selain resistor, bisa tidak kang di ganti menggunakan elco, saya lihat teman saya menggunakan elco bukan resistor?

    ReplyDelete
  2. Rakitan yang sangat bermanfaat. sewaktu-waktu pasti saya akan membutuhkannya kang

    ReplyDelete
Post a Comment