Cara Memasang Level Zerobyte Untuk Radio Receiver FM Brik- Brikan

Kang Ajay
0
Cara Memasang Level Serobit Untu Pemancar FM - Pada perjumpaan kita kali ini saya akan membahas dan memberikan tutorial tentang Zerobyte atau indikator serobit yang menggunakan level VU pada radio fm, gunanya adalah untuk meluruskan frekwensi dari pesawat pemancar fm yang sudah ditentukan frekwensinya, bagi penggemar pemancar fm untuk brik-brikan cara ini sangat dibutuhkan karena dengan cara ini kita bisa menentukan titik center frekwensi untuk diluruskan dengan lawan bicara kita. Sebenarnya walaupun tidak memakai level, radio yang kita gunakan sebagi receiver sudah ada indikator sinyal menggunakan lampu led, namun cara ini tidaklah akurat dan seringkali frekwensi melenceng jarang lurus dengan lawan bicara kita.

Cara Memasang Level Zerobyte Untuk Radio Receiver FM Brik- Brikan

Nah bagi anda yang lagi membutuhkan cara pemasangan level untuk zerobytan ini, di sini saya akan memberikan caranya, dengan catatn anda menggunakan radio receiver yang menggunakan ic LA1260, yang sudah biasa dipakai untuk radio tuner pompa. Untuk yang lainnya saya belum mencobanya, sebenarnya banyak juga cara-cara yang lain untuk memasang level zerobyte ini, namun cara ini yang sudah saya terapkan pada radio mainan pemancar fm saya. Anda boleh mengikuti cara saya ini, kalaupun tidak itu hak anda.

Ok, sebelum kita mulai merakitnya kita persiapkan dulu alat yang harus anda persiapkan, diantaranya yaitu Level VU, cari VU yang jarumnya tidak lembek anda bisa mendapatkannya dari barang-barang bekas elektronik. biasanya suka ada di bekas TOA amplifer masjid, stabilizer, radio tape jadul atau anda bia membelinya ditoko-toko elektronik dikota anda. Cara pemasangan level VU ini sangat simpel, yang terpenting anda bisa meluruskan jarum level dengan frekwensi radio pada titik center, agar anda tidak bingung ketika melihat frekwensi pemancar lawan kita bicara sebaiknya jarum level harus pada posisi lurus di tengah-tengah batas antara sisi kiri dan sisi kanan, jarum tegak ditengah-tengah.

Untuk penyetingan supaya jarum level tegak pada posisi tengah-tengah dan akurat dengan frekwensi lawan ngebrik, anda cukup memutar-mutar NF yang berada pada rangkaina freamp receiver, sampai mendapat titik tengah yang pas. agar anda tidak sulit untuk menyetingnya anda cari dulu gelombang radio resmi.Nah saya kira Cara Memasang Level Zerobyte Untuk Radio Receiver FM Brik- Brikan  ini yang selama ini sudah selesai sampai disitu, untuk trik yanglainnya anda bisa cari referensi yang lainnya di google, trik ini trik yang selama ini saya pakai. Dan cara menyambungkan antara lever dengan radio yaitu anda cukup menyambungkan ke kaki ic LA1260 ke no 1 dan no 9. ditest saja pin level negatife ke kaki il no 1 dan pin level positif ke kaki ic no 9, kalupun terbalik arah jarumnya, anda tinggal memindahkannya.

NB: Tambahan, misalkan jarum level VU tidak mau lurus sewaktu di seting, anda bisa memakai alternatif dengan menambah potensio pada kaki level bagian positif, pakai saja yang ukurn 10k atau 20k, nah dari potensio itu anda bisa menyetingnya. Terima kasih semoga artikel ini bermanfaat untuk anda selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)